Empat Orang Karo Yang Menjadi No Satu Di Perusahaan

Orang No Satu di perusahaan biasanya mempunyai jabatan sebagai Presiden Direktur atau Direktur Utama.  Nama lainnya adalah CEO singkatan dari Chief Executive Officer, ataupun MD singkatan dari Managing Director.   Mereka adalah pemegang kekuasaan tertinggi secara   operasional  dalam  perusahaan.  Umumnya dibawah mereka baru ada jabatan direktur lainnya.

Seorang individu atau person  yang paling tinggi jabatannya dalam satu organisasi bisnis (ada juga organisasi sosial)  itulah sang direktur utama ataupun presiden direktur.  Mereka adalah orang orang pilihan, yang biasanya dipilih karena mempunyai beberapa keistimewaan dalam leadership maupun management skill nya.

Tidak jarang mereka bergelar akademik S2 atau S3 bahkan  ada juga lulusan dari universitas terkemuka overseas atau luar negeri.  Maka dengan itu alangkah bangganya kita orang Karo ketika  mendengar beberapa anak muda Karo memegang jabatan tertinggi sebagai presiden direktur di lembaga yang dia pimpin.

Beberapa diantaranya bahkan mendapatkan pengakuan dan prestasi yang sangat tinggi, karena mampu membawa perusahaannya dari sebelumnya merugi sampai akhirnya menguntungkan, atau dari saat baru didirikan menjadi besar.    Beberapa  nama yang penulis tahu  dan ingin kami informasikan supaya menambah semangat juang dan keberanian bertarung bagi anak muda ataupun permata orang Karo.

Sekaligus menambah kesadaran diri  bahwa ternyata Suku Karo itu bukanlah suku yang sembarangan.  Inilah tulisan ketiga yang kami tuliskan menyangkut prestasi atau kehebatan suku Karo; setelah dua tulisan sebelumnya ; 3 Diva Orang Karo dan 3 Penyandang PhD yang bertarung dan sukses menetap di luar negeri.

Ir Elia Massa  Manik, MBM.  Direktur Utama PT Elnusa yang berhasil menciptakan keuntungan Spektakuler di perusahaan BUMN ini hanya dalam waktu satu tahun.  Lulusan S1 ITB dan mendapat MBM dari Asean Institut Of Management Philipina  mempunyai gaya hidup yang sangat sederhana.  Namun mempunyai keyakinan yang sangat teguh terhadap visinya serta berani berkata yang sebenarnya  dalam hubungannya dengan siapapun.

Ketika dicalonkan untuk memimpin perusahaan BUMN ini dia langsung menerapkan prinsip kerjanya untuk tidak dicampuri oleh politik dan pejabat pejabat yang suka  meminta minta,  dan  menjadikan BUMN menjadi sumber pendanaan.  Massa Manik (MM) berani menentang hal ini semua.  Sisi yang lain dia sangat dekat dengan para karyawan, termasuk karyawan paling bawah (office boy, messengger dll).

Massa Manik adalah putra seorang Pertua Emeritus yang aktif di GBKP klasis Jakarta, dan ikut mendirikan GBKP Pondok Gede.  Anak kedua dari 4 bersaudara, dan tinggal dan menetap di Jakarta.

Mahar Atanta Sembiring MSc.  Diangkat menjadi Direktur Utama PT Central Proteinaprima sejak tahun 2011.  Sebelum diangkat menjadi direktur utama dia menjabat sebagai Vice President di perusahaan  pakan ternak dan peternakan salah satu terbesar di Indonesia, Charoen Pokhpand.

Mahar Sembiring mempunyai pendidikan yang sangat luar biasa.  Mendapat gelar BSc dari Syracuse University Amerika Serikat, lalu  Master Engineering dari Cornell University dan terakhir  Master Of Science dari Stanford University.  Tiga tiganya merupakan universitas paling terkemuka di dunia, yang banyak melahirkan ilmuwan dengan kaliber pemenang hadiah Nobel.

Mahar Atanta Sembiring juga  merupakan anak seorang pertua emeritus yang sangat aktif melayani di GBKP Kebayoran Lama Jakarta.  Dia adalah Pertua Inget Sembiring, yang juga pernah menjadi Presiden Direktur Astra Graphia bertahun tahun.

Eka Sari Lorena Br Surbakti, MBA.  Presiden Direktur PT Eka Sari Lorena.   Meraih gelar MBA nya dari universitas San Fransisco Amerika Serikat.  Wanita cantik dan muda serta energik ini pun sekarang dipercaya sebagai orang nomor  satu di Organda, Organisasi Pengusaha Angkutan  Darat.

Perusahaan Eka Sari Lorena yang dia pimpin (nama dan perusahaannya sama persis)  adalah perusahaan angkutan darat terbesar di Indonesia yang didirikan oleh ayahandanya GT Surbakti.  Eka sari juga putri seorang pertua di GBKP Jakarta Pusat, dimana ibunya melayani sebagai pertua.

dr. Rosa Christiana Ginting, Betr. Med., MHP, HIA, AAK.  Saat ini menjabat sebagai orang no satu atau direktur utama PT Asuransi In Health Indonesia.  Perusahaan ini baru berusia sekitar dua tahun, dan dr Rosa lah yang menjadi direktur utama pertama dan berhasil  membuat perusahaan yang merupakan anak usaha dari Askes ini menjadi besar.

Dokter Rosa br Ginting lahir di Kabanjahe pada tahun 1953.  Lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara dan memulai kariernya sebagai dokter puskesmas di Belawan.  Menikah  dengan Marga Simanungkalit yang bekerja di BPPT, dan ketika suaminya  dapat beasiswa untuk studi S3 di Jerman, maka pada saat itu juga dr Rosa mengambil gelar S2 nya.

Empat putra terbaik orang Karo saat ini menjabat sebagai direktur utama di perusahaan yang dia pimpin.  Tentu  info ini  sangat membanggakan kita sebagai orang Karo.  Disamping mereka pasti masih  banyak Orang Karo yang menjabat sebagai Direktur atau General Manager, Vice President ataupun menjadi Manajer di perusahaan mereka bekerja.

Beberapa nama lain yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama adalah Drs Inget Sembiring yang lebih 10 tahun menjabat sebagai Presiden Direktur Astra Graphia.  Lalu ada nama Ir Helman S Pandia MBA yang dalam waktu sekian lama pernah menjadi Direktur Utama pada  salah satu anak usaha Samudra Indonesai Group, yaitu PT Pelabuhan Samudra Palaran.    Setelah pensiun dari sana sempat juga mejadi CEO pada PT Jakarta International Container Terminal  yang merupakan perusahaan Joint Venture antara perusahaan Indonesia dan Hongkong. 

Tentu nama lain yang pernah sekian lama menjadi Direktur Utama pada perusahaan yang dia pimpin adalah GT Surbakti di PT Eka Sari Lorena serta Antonius Bangun di Kesaint Blanc, sebuah perusahaan percetakan dan penerbitan.  Dua nama terakhir ini bahkan masih aktif sampai sekarang.

Yang menarik adalah dari 4 orang karo  yang menjadi direktur utama saat ini  3 orang diantaranya adalah anak Pertua yang aktif melayani di GBKP.  Saya belum mendapatkan info mengenai dr Rosa, apakah dia juga merupakan anak sekalak serayan Tuhan.  Anak pertua ternyata  bisa menjadi orang orang terhebat dalam hidupnya.

Inget Sembiring dan Helman S  Pandia adalah dua serangkai yang selalu bekerja sama dalam kepanitiaan di Gereja GBKP, dan mereka berdua pun merupakan Pertua yang sangat aktif melayani.  
Pelayanan di Gereja ternyata tidak membuat seseorang kekurangan waktu dan kesempatan untuk meraih prestasi terhebatnya di dalam perusahaan  dan  kehidupan.  Puji Tuhan. Analgin Ginting. 

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomVision.Com

Kebangkitan Kristus Memberikan Kemenangan

Allah menjadikan manusia dari debu tanah dan juga menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya (Kejadian 2:7). Dalam penciptaan ini, manusia berbeda dengan ciptaan lain. Manusia dijadikan dari dua materi yang…

1866367
Hari ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
472
2198
10496
1839390
57165
85721
1866367

Your IP: 50.17.162.174
Server Time: 2014-04-24 04:34:38

Tahun Peningkatan Kuantitas SDM yang Berkualitas 2014

G

B

K

P

Lokasi Moderamen

Webmail GBKP